Ticker

6/recent/ticker-posts

Cuanki 76: Makanan Buatan Battembat Cirebon yang Terkenal

Siapa yang tak kenal cuanki? Jajanan khas Jawa Barat yang digemari banyak orang. Rasanya yang gurih, asin, dengan paduan bumbu rempah yang cocok untuk dinikmati kapanpun, dimanapun. Cuanki adalah makanan khas Bandung yang terbuat dari tepung tapioka, campuran ikan atau daging. Cuanki ini semacam bakso, dan dibedakan dari segi warna, rasa, jenis, dan bahan.



Jajanan asal Bandung ini juga diproduksi di Cirebon, tepatnya di Desa Battembat. Cuanki ini juga salah satu yang terkenal di Cirebon karena telah didistribusikan ke berbagai tempat. Kali ini Tim KKN Kolaborasi IAIN Syekh Nurjati dan UIN Sunan Gunung Jati berkunjung ke tempat produksi cuanki tersebut, milik Bapak Alimi yang bernama Cuanki 76. Berikut beberapa informasi Cuanki 76 milik Bapak Alimi di Battembat Cirebon.


1. Pembuatan masih tradisional



Pembuatan cuanki yang dibuat Pak Alimi masih dengan cara yang tradisional, yakni dengan tungku dan kayu bakar. Biasanya Pak Alimi dan istrinya membuat adonan di pagi hari, kemudian digoreng untuk di jajakan di sore hari. Adapun waktu pembuatannya menyesuaikan kapan dan dimana tempat pangkal beliau. 

2. Menggunakan bahan yang berkualitas



Cuanki yang dijual Pak Alimi menggunakan bahan yang sederhana namun tetap mempertahankan kualitas dan cita rasanya. Beliau juga menggunakan bahan-bahan asli, seperti ikan dan daging. Selain itu juga ada bawang putih, bawang merah, telur, kecap ikan dan garam. Semuanya dibuat dengan takaran yang pas, karena Pak Alimi tidak ingin mengecewakan pelanggannya.


3. Sudah dikirim ke berbagai tempat


Cuanki Pak Alimi merupakan satu-satunya yang sudah didistribusikan ke hotel-hotel seperti Aston dan telah diakui kelezatannya. Seringkali cuanki milik Pak Alimi dihidangkan untuk suguhan pejabat desa atau tamu pejabat lainnya yang berkunjung ke Desa Battembat. Beliau juga memiliki cabang dan suka berjualan keliling untuk mempertahankan usahanya. 

Kini cuanki Pak Alimi sudah memasuki masa kejayaannya, dan terbilang sudah stabil dari pemasaran, cita rasa, dan upaya dalam mempertahankannya. Jika teman-teman berminat dapat menghubungi Bapak Alimin di Desa Battembat di nomor 0895-3274-58498



Penulis : Salma Syifa Azizah

Penyunting : Maghrisul Akhiroh Syam, Rafiq Albanajib

Posting Komentar

0 Komentar