Ticker

6/recent/ticker-posts

Desa Battembat Menjadi Desa kewirausahan di Cirebon, Mahasiswa KKN kolaborasi IAIN Cirebon Bersama UIN Bandung Lakukan Survei Data UMKM Desa Battembat

Desabattembat, Cirebon - KKN 106 Kolaborasi IAIN Cirebon dan UIN Bandung di Desa Battembat, Kec. Tengah Tani, Kab. Cirebon melakukan survei data UMKM Desa Battembat yang sudah berjalan sampai memasuki pekan kedua pelaksanan KKN. Berdasarkan survei dan data dari Desa Battembat memiliki 85 UMKM sehingga memperoleh penghargaan sebagai desa kewirausahan di Cirebon. Desa Battembat ini memiliki banyak usaha, baik kuliner ataupun industri kecil, industri kecil seperti dari Gapit, Kerupuk docang, dan banyak lagi. Begitu juga kuliner sendiri, terdapat Empal Gentong H. Apud , Tongseng, Rujak gamel dan banyak lagi.

Battembat terkenal dengan kuliner autentik indonesia  yaitu Tongseng dan Empal Gentongnya dengan khas kuliner daging sapi yang khas sehingga dijuluki sebagai esa Penjaggalan atau tempat pemotongan hewan. Selain itu, Battembat juga memiliki kuliner khas nya yaitu Rujak Gamel sebagai khas dari Desa battembat itu sendiri, jadi tidak heran sampai saat ini ramai pengujung dari luar datang ke Desa Battembat hanya untuk membeli Rujak Gamel dan kuliner khas lainnya yang menggugah selera.


Industri kecilnya sendiri banyak yang menjadi suplayer memasok toko-toko besar semacam tokoh oleh-oleh yang ada di Cirebonnya,  seperti gapit, krupuk docang, konveksi, renginang, pengrajin dompet kulit, kerajianan sendal kulit, dan masih banyak lagi.

Berdasarkan survei kelompok KKN 106 kita jalani melalui program kerja KKN yang ada Battembat ini memiliki kebiasaan 80 persen penghasilan ekonomi melalui berdagang dan bekerja di  industri yang dimiliki masyarakat Battembat.

Dari hasil survei data UMKM yang ada di Desa Battembat nantinya akan dikenalkan semua UMKM yang sudah terdata pada acara Festival Muharram salah satunya akan ada Bazar UMKM sekaligus Seminar Pengelolaan Keuangan Usaha yang rencananya akan bekerjasama dengan Bank sehingga UMKM di Desa Battembat akan lebih dikenal oleh masyarakat luas dan pengelolaan keuangan tercatat dengan baik. (15/7/23)



Penulis : Laras

Penyunting : Maghrisul Akhiroh Syam, Rafiq Albanajib 


Posting Komentar

0 Komentar