Ticker

6/recent/ticker-posts

DUKUNG UMKM : Produksi Telor Asin Ibu Kaswati Desa Battembat

Desabattembat, Cirebon- Desa battembat terdapat UMKM telor asin ibu kaswati yang di wawancarai oleh kelompok KKN 106 kolaborasi dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Telor asin ini di buat oleh ibu kaswati sendiri, karena telor asin merupakan  hasil perternakan yang peminatnya cukup banyak dan sebagian telur asin ini terbuat dari telur bebek, hal ini dikarenakan cangkang telur bebek memiliki pori-pori yang besar sehingga baik untuk diproduksi menjadi telur asin. Dengan pengasinan telur bebek menjadi tidak amis dan masa simpan telur lebih lama.

Telor asin Ibu Kaswati Desa Battembat memanfaatkan baik peternak bebek dan pedagang telor asin tersebut. Proses pembuatan telor asin Ibu Kaswati sama seperti pembuatan telor asin pedagang lainnya. Dengan cara telur di rendam terlebih dahulu dalam air selama 2 menit, kemudian bersihkan telur hingga bersih, bisa untuk mengamplasnya atau tidak, cara ini agar garam dapat lebih mudah meresap karena pori-pori telur terbuka. Kemudian di keringkan telur tersebut, kemudian larutkan garam dalam air, masukkan telur perlahan-lahan, rendam selama 10-12 hari, dan jika ingin rasa lebih asin rendam hingga maksimal 42 hari atau 6 minggu.

Selanjutnya ibu kaswati memasarkan produk telor asinnya  keseluruh wilayah kecamatan tengah tani, akan tetapi pusatnya di desa battembat dan banyak di beli oleh masyarakat di desa battembat itu sendiri


Penulis : Siti Nurlaela, IAIN Syekh Nurjati Cirebon


Penyunting : Firda,
IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Posting Komentar

0 Komentar