Ticker

6/recent/ticker-posts

Kuliner Khas Cirebon: Kelezatan yang Menggugah Selera


Cirebon - Cirebon, sebuah kota yang terletak di pesisir utara Pulau Jawa, terkenal dengan kekayaan budayanya yang meliputi seni, tradisi, dan tentu saja, kuliner. Menawarkan cita rasa unik dan kelezatan yang menggugah selera, kuliner khas Cirebon telah menjadi daya tarik bagi para pecinta kuliner dari berbagai penjuru.

Salah satu kuliner khas yang paling terkenal di Cirebon adalah Nasi Jamblang. Nasi Jamblang adalah hidangan nasi putih yang disajikan dengan berbagai lauk pauk yang lezat. Biasanya, nasi ini disajikan menggunakan daun jati atau daun pisang. Beberapa lauk yang sering ditemui di Nasi Jamblang antara lain ayam goreng, ikan tongkol, sambal terasi, tahu, tempe goreng, dan masih banyak lagi. Rasanya yang kaya dan bumbu yang meresap membuat Nasi Jamblang menjadi hidangan yang tak boleh terlewatkan saat berkunjung ke Cirebon.

Selain Nasi Jamblang, ada juga Empal Gentong yang menjadi kuliner ikonik kota ini. Empal Gentong adalah sup daging sapi yang dimasak dengan rempah-rempah khas, seperti serai, jahe, dan kunyit. Daging sapi yang dimasak dengan waktu yang cukup lama membuatnya empuk dan beraroma sedap. Sup ini biasanya disajikan dengan nasi putih, emping, dan kerupuk.

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Cirebon tanpa mencicipi Tahu Gejrot. Tahu Gejrot adalah makanan ringan yang terbuat dari tahu yang digoreng kering dan disajikan dengan saus yang terbuat dari air asam Jawa, gula merah, cabai rawit, dan bawang putih. Sensasi pedas, asam, dan manis yang menyatu dalam satu gigitan membuat Tahu Gejrot menjadi camilan yang menggugah selera.

Kuliner khas Cirebon juga menghadirkan hidangan manis yang tidak kalah lezat, yaitu Nasi Lengko. Nasi Lengko terdiri dari nasi putih yang dilengkapi dengan tauge, tahu goreng, tempe goreng, lontong, dan kerupuk. Semua bahan tersebut kemudian disiram dengan bumbu kacang yang kental dan gurih. Rasa yang kaya dan tekstur yang beragam membuat Nasi Lengko menjadi hidangan yang sangat disukai oleh masyarakat Cirebon.

Tidak hanya hidangan-hidangan tersebut, Cirebon juga memiliki berbagai jajanan tradisional yang patut dicoba. Misalnya, Segitiga Pisang, yaitu pisang yang dibungkus dengan adonan tepung dan digoreng hingga kecokelatan. Rasanya manis dan gurih serta teksturnya yang renyah membuat Segitiga Pisang menjadi camilan yang sempurna.

Dalam mengunjungi Cirebon, jangan lupa mencicipi minuman khasnya, yaitu Wedang Ronde. Wedang Ronde adalah minuman hangat yang terdiri dari bola-bola ketan berisi kacang hijau dan disiram dengan kuah jahe manis. Rasanya yang hangat dan aromanya yang khas akan memberikan sensasi yang menyenangkan.

Kuliner khas Cirebon menawarkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Keunikan rasa dan kelezatan hidangan-hidangan tersebut menjadi bukti kekayaan budaya kuliner Cirebon. Jadi, jika Anda sedang berada di Cirebon, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi ragam kuliner khasnya yang memanjakan lidah dan perut Anda.


Penulis : Rafiq Albanajib

Posting Komentar

0 Komentar