Ticker

6/recent/ticker-posts

PARA PESERTA KKN KOLABORATIF MANDIRI ADAKAN ZIARAH

 Cirebon - Selasa, 07 Juli 2023, pada sore hari seluruh peserta KKN Kolaboratif UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan IAIN Syekh Nurjati Cirebon melaksanakan rangkaian kegiatan, dan pada kegiatan ini merupakan ziarah ke makam Sunan Gunung Jati yang terletak di Cirebon. 


Makam Sunan Gunung Djati, juga dikenal sebagai Astana Gunung Jati, adalah situs sejarah dan makam yang terletak di Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Sunan Gunung Djati, yang nama aslinya adalah Syarif Hidayatullah, adalah salah satu dari sembilan Walisongo yang memiliki peran penting dalam penyebaran agama Islam di Pulau Jawa pada abad ke-15.

Makam Sunan Gunung Djati menjadi tempat ziarah dan pusat kegiatan keagamaan bagi umat Islam. Makam tersebut berada di dalam kompleks yang luas, yang terdiri dari berbagai bangunan dan struktur yang memiliki nilai sejarah dan religius. Di kompleks ini terdapat makam utama Sunan Gunung Djati, yang menjadi pusat perhatian dan tempat berdoa bagi para pengunjung.

Selain makam utama, terdapat juga beberapa bangunan lain di kompleks makam ini. Di antaranya adalah masjid, pesantren, dan balai pertemuan. Masjid yang ada di sekitar makam tersebut sering digunakan oleh jamaah yang datang untuk beribadah dan menghadiri acara keagamaan. Pesantren di sekitar makam ini juga berperan dalam pendidikan agama Islam dan pengajaran tentang ajaran Sunan Gunung Djati.

Makam Sunan Gunung Djati juga memiliki nilai sejarah yang signifikan, karena Sunan Gunung Djati merupakan tokoh penting dalam sejarah penyebaran Islam di wilayah Cirebon dan sekitarnya. Situs ini juga menjadi tujuan wisata religius dan sejarah yang populer bagi wisatawan domestik maupun internasional yang tertarik dengan warisan sejarah dan kebudayaan Indonesia.

Penting untuk dicatat bahwa informasi ini berdasarkan pengetahuan yang ada hingga September 2021. Jika ada perkembangan terbaru atau perubahan dalam kondisi situs, disarankan untuk memeriksa sumber informasi terpercaya atau menghubungi pihak berwenang setempat untuk mendapatkan informasi terkini.

Posting Komentar

0 Komentar