Ticker

6/recent/ticker-posts

Pengabdian Hari Kesembilan Tim KKN Kolaborasi IAIN Cirebon bersama UIN Bandung di Desa Battembat Kabupaten Cirebon



Cirebon - Dalam melanjutkan pengabdian kepada masyarakat, pada hari Rabu (12/07/2023) peserta kelompok 106 KKN Kolaborasi Mandiri Antar Perguruan Tinggi IAIN Syekh Nurjati Cirebon bersama UIN Sunan Gunung Djati Bandung melaksanakan beberapa kegiatan di lokasi KKN di Desa Battembat, Kabupaten Cirebon yang mana telah memasuki pekan kedua dalam pelaksanaan program KKN.


Kegiatan diawali pagi hari yang terdiri dari beberapa kegiatan sehingga terdapat pembagian tugas peserta KKN yang menjalankan agenda pada hari Kamis. Diantara agenda kegiatannya mendampingi petugas Posyandu Mekar Jaya. Lokasi Posyandu mekar jaya berada di depan Masjid Al-Auliya’ Desa Battembat. Lokasi ini sangat strategis sehingga masyarakat dari berbagai blok di desa battembat banyak yang mengunjungi Posyandu Mekar Jaya. Posyandu Mekar Jaya memberikan pelayanan pemeriksaan berat badan, tinggi badan dan pemberian vitamin kepada anak-anak di Desa Battembat. Pendampingan petugas di posyandu ini diwakili oleh empat peserta KKN.



Peserta KKN yang lain melakukan observasi UMKM yang ada di Desa Battembat. Kegiatan kunjungan UMKM ini sudah berjalan selama tiga hari. Pada kali ini pelaksanaan kunjungan UMKM mencapai empat pelaku usaha, Empal Gentong Ibu Nur Alisah, Ice Campur Ala Ji, Jasa Jahitan, dan Bakso Cuanki. Pada observasi difokuskan untuk mengetahui bagaimana pencatatan keuangan dan mengajak pelaku UMKM untuk ikut serta dalam mensukseskan program dari tim KKN Kolaborasi 106 kedepannya yaitu akan ada Acara Peringatan 1 Muharram yang diantaranya akan ada Bazar UMKM.


Beberapa peserta KKN Kolaborasi 106 juga melakukan entry data yang bersinergi dengan perangkat pemerintah Desa Battembat. Hal ini membantu pendataan penduduk Desa Battembat.
                                            

Agenda selanjutnya yaitu ”Gemar Mengaji” bersama anak-anak usai sholat Ashar dan Maghrib di Musholla Al-Abshor milik KH. Khoirul Anam yang menjadi agenda rutinan setiap hari Senin sampai hari Jum’at. Kegiatan mengaji dikategorikan dengan pembagian kelas sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh anak-anak yaitu kelas satu dan kelas dua. Pengajaran kelas satu difokuskan pada tata cara baca dan menulis huruf dan harokat pada tingkatan iqro dan juz amma dan kelas dua diberikan jadwal seperti ilmu tajwid, akidah akhlak, dan fikih pada tingkat Al-Qur’an. Kegiatan Gemar mengaji juga diselingi dengan bermain bersama anak-anak. Hal ini bertujuan agar anak-anak dapat mengaji dengan senang dan tidak membosankan.

Agenda terakhir setelah sholat isya yaitu pembacaan Yasin dan tahlil yang menjadi penutup kegiatan KKN pada hari itu. Yasin dan tahlil dipimpin oleh KH. Khoirul Anam yang mana beliau adalah DKM Musholla Al-Abshor. Setelahnya para jamaah mengobrol dan diskusi terkait dengan persiapan program Festival Muharram yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 19 Juli nanti. Festival Muharram ini menjadi program inti dari tim KKN Kolaborasi 106.

Penulis : Robi Nugraha, IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Tim Penyunting : Rafiq Albanajib, Maghrisul Akhiroh Syam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung 



Posting Komentar

0 Komentar