Ticker

6/recent/ticker-posts

Sambut Tahun Baru Islam 1445 H, Warga Desa Battembat Ikuti Pawai Obor

desabattembat, Cirebon - Warga Desa Battembat kembali merayakan malam tahun baru Islam 1 muharram 1445 H dengan pawai obor (18/7/23) setelah 3 tahun tidak merayakan dikarenakan Covid-19. 

Pawai obor menjadi tradisi masyarakat muslim dalam menyambut tahun baru Islam 1 Muharam setiap tahunnya. 

Kegiatan pawai obor kali ini diadakan bertepatan adanya Tim KKN Kolaborasi 106 IAIN CIREBON bersama UIN BANDUNG sehingga mengikuti pawai obor bersama Ikatan Remaja Masjid Al-Auliya’ Battembat, Anak-anak dan Masyarakat setempat.

Ratusan peserta pawai obor berkumpul dimasjid kramat al-auliya’, kegiatan pawai dimulai setelah melaksanakan shalat Isya. Sebelum peserta pawai obor diberangkatkan diadakan Ceremonial potong pita oleh Saefuddin selaku Lebe Desa Battembat sebagai tanda peresmian acara pawai obor di Desa Battembat. 

Saefuddin menjelaskan dengan adanya pawai obor ini sebagai bentuk rasa syukur dan harapan masyarakat bisa menjadi lebih baik dan bermanfaat ditahun yang baru. 

"adanya pawai obor ini sebagai bentuk rasa syukur dan memeriahkan tahun baru Islam dan berharap ditahun yang baru masyarakat bisa menjadi lebih baik lagi dan bermanfaat kehidupannya," ujarnya.

Dari mulai anak-anak hingga orang dewasa berkumpul dengan membawa obor yang telah dibagikan dari pihak panitia acara pawai obor, baik dari anak-anak maupun hingga orangtua ikut memeriahkan acara tersebut.

Setelah pawai obor, sebelum acara ditutup anak-anak diperintahkan panitia untuk berkumpul kembali karena diadakan quiz seputar agama islam dan diberikan hadiah bagi yang bisa menjawabnya.

Diakhir para panitia pawai obor membagikan snack sebagai apresiasi kepada anak-anak yang telah mengikuti pawai obor dengan antusiasnya yang sangat tinggi khususnya yang membuat poster dengan menarik. 

Ketua panitia pawai obor berterimakasih kepada seluruh warga battembat karena antusiasnya yang sangat tinggi maka dari itu terselenggaranya acara ini dengan lancar.

"kami berterimakasih kepada semua pihak dan warga yang telah membantu menyukseskan kegiatan pawai obor 1 Muharram 1445 H sehingga berjalan dengan lancar dan meriah," ungkapnya. 



Penulis : Khilwa, IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Penyunting : Maghrisul Akhiroh Syam, Rafiq Albanajib UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Posting Komentar

0 Komentar